Menggapai Semangat Belajar

Oleh : Raden Roro Khairunnisa Amartya


Siapa yang suka ngantuk pas pelajaran? Siapa yang nggak semangat kalau disuruh mengikuti pelajaran? Atau males ngerjain soal? Ooh, hal kayak gitu udah biasa kok dikalangan pelajar. Kita pasti punya masa capek. Tapi apa mau kita terus-terusan seperti itu? Nggak mau dapat ilmu dan nilai bagus? Nggak mungkin, pasti kalian semua mau kan dapat hasil yang bagus dan ilmu bermanfaat? Gimana caranya? Ayo cari semangat untuk belajar!

Eitss.. Bagaimana sih menggapai semangat belajar itu? Apa harus memakai obat? Apa harus bertanya ke mbah Google atau om Wikipedia? Tidak semua yang kita pakai sebagai alat bantu itu berhasil. Dalam kasus ini, kita sendirilah yang harus meracik obatnya untuk menggapai semangat belajar, guys!

Sebelumnya, apa sih pentingnya belajar? Nah, belajar itu memang membuat semua orang menjadi pintar dan dapat banyak ilmu. Dari yang tidak tau apa-apa menjadi tau setelah diajarkan sesuatu oleh pengajar. Kita jadi mendapat banyak wawasan berkat ilmu. Dan dengan ilmu, secara tidak sadar ia telah memperkuat daya nalar dan ingat kita, contohnya matematika dan pelajaran hitung-hitungan lainnya!

Kedua, mendapat nilai. Senang banget kan kalau dapet 100 di sebuah atau dua buah mata pelajaran? Belum lagi kalau misalnya Matematika. Senangnya bukan kepalang. Namun, guys, jangan pernah meremehkan nilai! Baik punya sendiri maupun orang lain. Karena guru tidak mengasal dalam menilai kalian dan nilai juga sangat penting untuk kita naik ke jenjang pendidikan selanjutnya. Dan juga nggak mau kan ada nilai remidi di rapot?

Sudah paham tentang apa pentingnya belajar? Berarti kalian siap untuk menerima satu hal yang paling penting dalam belajar yaitu MOTIVASI!

Saat kita mempelajari hal yang baru, apakah kamu memikirkan semua andai atau apakah kamu memfokuskan energi pada kapan  dan bagaimana?

Memfokuskan diri pada kapan  dan bagaimana  adalah jalan yang lebih cepat dan alami untuk mengarapkan dan mendapat hasil terbaikmu. Hal ini mengubah perasaan, pikiran, dan pembelajaranmu menjadi “aku bisa, aku mau, dan aku akan sukses.” Bayangkan dirimu dulu waktu masih kecil, saat kamu memilih waktumu, berdiri dan berjalan sempoyongan menyebrangi ruangan untuk pertama kalinya. Mengharapkan yang terbaik dan membayangkan dirimu meraih kesuksesan juga berarti kamu harus bergerak meninggalkan zona nyaman, mengantisipasi tantangan, dan mengambil risiko. Itulah yang dimaksud dengan zona belajar.

Apa hanya motivasi saja yang diperlukan? Masih ada lagi, guys! Yang akan menjadi pondasi dari belajar kalian ini adalah KONSENTRASI!

Menurut kamus, ‘konsentrasi’ berarti “memfokuskan pikiran dan energi pada satu tugas”. Hmm... Apakah konsentrasi hanya dibutuhkan pas ngerjain tugas? Nggak selalu, lho! Bermain juga butuh konsentrasi. Bahkan dalam mencapai impian kita juga harus pakai konsentrasi, bukan? Kalau nggak, bisa-bisa tidak sesuai yang kita harapkan hasilnya, na’udzubillah. Jadi mari kita pakai pengertian dari ‘konsentrasi’ itu dengan sedikit pengubahan yaitu “memfokuskan pikiran dan energi pada apa yang diinginkan”. Sudah cocok, kan?

Sekarang mari kita kondisikan otak kita untuk berkonsentrasi. Kita harus tenang, tidak terburu-buru. Namun waspada dan pikirkan dengan matang apa impianmu. Fokus pada impianmu dan jangan terpengaruh untuk melakukan sesuatu yang dapat mengeluarkanmu dari bayangan impianmu. Kondisi otak ini dinamakan kondisi Alfa, kondisi yang sangat direkomendasikan untuk pelajar. Karena dalam kondisi ini, kamu bisa menggali impianmu dengan dalam dibekali dengan semangat serta motivasi yang sudah kamu dapatkan! Keyakinan yang kuat akan mendorongmu untuk  meraih impianmu.

Sudah merasa lengkap? Nah, ada satu lagi pelengkap penting yang kalau kamu terapkan akan mendapatkan buah manfaat dari semua energi belajarmu: buat KOMITMEN!

Komitmen bak janji yang kamu buat sendiri dan berusaha keras kamu tepati. Begitu kamu berkomitmen untuk  berusaha keras dan mengharapkan hasil terbaik, kamu akan menyadari betapa besar kendali yang kamu miliki demi mendapatkan apa yang kamu inginkan di sekolah dan kehidupan. Kini kamu punya teknik untuk menjadi lebih baik dengan semangat untuk meraih hasil yang terbaik, tau cara konsentrasi lebih baik serta belajar lebih efektif setelah berkomitmen. Semangat, guys! Perjalanan kalian tidak akan pernah putus kalau kalian menerapkan SKK ini atau Semangat, Konsentrasi, dan Komitmen dan akan bangga dan puas dengan usaha kalian. 

Want to learn writing with us Join us in Facebook

Comments

Popular Posts