Meledakkan Semangat Pemuda

Oleh: Arta

Mungkin kata-kata itu sering terdengar di telinga kita pada saat pidato-pidato pada hari sumpah pemuda ataupun sering kita lihat sebagai pelengkap gambar karikatur Soekarno. Ya Soekarno. Kenapa? Karena kata-kata tersebut keluar dari mulut pemimpin pertama Negara Indonesia kita tercinta, Ir. Soekarno.
Tapi, apakah kita mengerti arti dibalik beberapa kata yang disususun menjadi sebuah kalimat itu? Berikan aku 10 PEMUDA, maka akan kuguncangkan dunia. Mungkin timbul pertanyaan dalam benak kita, mengapa harus pemuda?
Karena pemuda itu seperti gunung berapi yang siap meletus. Pada diri pemuda itu tersimpan energi yang meluap-luap. Energi yang ingin keluar bersama dengan semangat para pemuda. Yang apabila digabungkan akan menciptakan sesuatu yang dapat mengguncangkan dunia. Mungkin itu yang dimaksudkan oleh Ir. Soekarno.
Tapi yang kita lihat sekarang energi para pemuda tidak digunakan dengan baik. Tidak keluar dengan semangat perjuangan membela Negara Indonesia. Balapan, pergi ke diskotik lebih disenangi para pemuda sekarang. Sungguh sangat disayangkan. Energi yang seharusnya bisa menciptakan sesuatu yang dahsyat harus terbuang percuma seperti itu.
Padahal kita punya lebih dari 10 anak bangsa, bahkan lebih dari 100 pemuda yang dapat mengguncangkan dunia. Kita sebagai pemuda hanya harus tahu bagaimana cara membangkitkan debaran semangat 45 di tiap jiwa kita lalu mengamalkannya.
Itu bukanlah hal yang sulit. Kita tidak perlu melawan penjajah yang dahulu menjajah bangsa ini. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencintai negeri ini dan mengamalkannya dengan berkarya sebanyak mungkin sampai dunia tahu bahwa Indonesia memiliki banyak pemuda yang luar biasa. Pemuda yang dapat mengguncangkan dunia dengan karyanya.
Energi pemuda, semangat, serta kecintaan terhadap negerinya sendiri itu akan menciptakan sesuatu yang sangat dahsyat. Indonesia punya banyak pemuda yang memiliki banyak sekali potensi. Jadi mari para pemuda dengan karyamu guncangkan dunia! Jangan sia-siakan para pemuda yang lebih dahulu telah merebut kemerdekaan sehingga kita bisa merasakan indahnya Indonesia.

Maju pemuda Indonesia! Karena yang muda yang berkarya.

Comments

Popular Posts