Kemah Nasional 2015

Oleh Salsabila dan Nafisa

Hawa dingin yang menusuk tulang tidak menyurutkan semangat 9.200 peserta kemah nasional untuk berkumpul di Bumi perkemahan Cuban Rondo, Malang. Pesertanya dari sekolah Islam Terpadu tingkat SD dan SMP. Mereka berasal dari seluruh Indonesia, bahkan negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia turut berpartisipasi dalam kegiatan kemah nasional terebut. Sedangkan kami mewakili SMA IT Al-Uswah diberangkatkan untuk menjadi panitia dalam Kemah Nasional tersebut. Mulai senin hingga sabtu, yakni tanggal 2 hingga 7 November 2015 kami semua mengikuti acara tersebut. Penyelenggara acara kemah nasional adalah persatuan guru Pramuka Sekolah Islam Terpadu.

SMA IT Al-Uswah mengirimkan bala bantuan sebanyak 50 orang siswa. Para siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas XI dan 30 siswa kelas X. Para siswa ini berperan menjadi panitia di acara Kemah Nasional. Pembagiannya tanggung jawabpun dibagi. Kelas XI bertanggung jawab menjadi panitia di kelurahan, sedangkan sisanya bertanggung jawab di bagian kabupaten. Tidak hanya para siswa, SMA IT Al-Uswah juga mengirimkan dua guru sebagai pembina yang mengawal para siswa.

Aktifitas kami sangat padat. Mulai dari Jugle Track yang cukup melatih fisik. Jungle Track ini diikuti khusus untuk tingkat SMP, mereka mengelilingi hutan dengan berjalan kaki. Aktifitas yang tidak kalah melelahkan adalah Scout Challenge, ini untuk tingkat SD. Mereka harus melewati ke-enam pos yang masing-masing pos terdapat berbagai tugas yang berbeda-beda. Di hari rabu dan kamis malam ada kegiatan yang menuntut mereka untuk menunjukkan kebolehan dari masing-masing sekolah. Malam sabtu ada konser akbar yang diisi para munsyid dari grup nasyid yang beragam. Ada Justice Voice, Shoutul Harokah, Suara Persaudaraan, Jember Nasyid Voice, Ar Ruhul Jadid, dan JJ. Diselang-selang nasyid ada pertunjukkan teater tentang palestina dari SD Al-Ibroh. Disini para peserta sekaligus panitia diajarkan kedisiplian, kekompakkan antar kelompok, kemandirian, serta keberanian. Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga. (bil/naf)

Comments

Popular Posts