ASMANA #JournalistTeam

Oleh : Asmana

Selalu ada sesuatu yang seseorang sembunyikan dari orang lain. Tak terkecuali aku. Aku selalu takut untuk menunjukkan sisilain dari diriku. Sebagian orang (terutama yang dekat denganku) hanya tahu bahwa aku anak yang lumayan aktif, walaupun terkadang asocial. Tapi aku mempunyai sisi lain dalam diriku, yang baru kusadari sesaat sebelum aku menuliskan hal ini.
Setiap selesai membaca sebuah buku, atau menonton suatu film, aku selalu mendapatkan sesuatu yang kusebut xx. Mungkin xx di kehidupan nyata maknanya inspirasi. Tapi aku tidak terlalu suka kata itu.Terlalu rumit dan tinggi, menurutku. Di saat-saat itulah aku harus langsung mengambil buku dan penaku, untuk menulis apa yang kudapat sebelum hal itu seperti awan yang tertiup angin, hilang pelan-pelan dari pikiranku.
Tentu saja aku bukan seseorang yang banyak dikenal orang sebagai penulis terkenal atau semacamnya (terlalu banyak kata yang memusingkan di sini, jadi bacalah dengan seksama), tapi aku tidak tahu beberapa tahun setelah aku menulis ini di dalam laptopku. Sebenarnya menjadi penulis pun hanya satu dari sekian banyak impian yang ingin aku realisasikan suatu saat nanti.
Saat kecil orang-orang selalu bertanya dengan kalimat, “Mau jadi apa saat besar nanti?” yang selaluku jawab berbeda setiap tahunnya. Aku adalah anak yang tidak mudah untuk memutuskan sesuatu, namun untuk halcita-cita dan impian, kurasa sangat mudah memutuskannya. Hanya tinggal memtuskan sesuai dengan apa ketertarikan kusaat itu. Apakah ini tulisan non-fiksi? Akubisamenjawab, ya, haha.
Bahkan aku sempat ingin menjadi seorang musketeer setelah menonton salah satu film, yang bahkan (lagi) aku tidak tahu apatugas sebenarnya dari seorang musketeer itu. Selama ini aku suka membaca, yang  kadang tidak spesifik genre-nya, menurutku. Lalu ada seorang anak di kelasku yang bilang, “Sepertinya buku koleksimu rata-rata buku motivasi, ya?” atau salahsatu guruku yang mengatakan, “Kau suka buku-buku terjemahan, kenapa? Bukannya lebihsulit untuk memahaminya?”. Sedikit banyak buku-buku danhal-hal lain di sekitarku memengaruhi caraku menulis, ataupun melakukan dan mengatakan suatu hal.
Sekian untuk saat ini.

Comments

Popular Posts